Cara Mengatasi Lag Pada Game PC

Cara Mengatasi Lag pada Game PC yang Bikin Bete

Siapa sih yang nggak bete kalau main game terus nge-lag? Rasanya pengen banting aja komputernya! Tapi jangan buru-buru emosi, bro. Lag pada game PC itu ada obatnya kok. Nah, di artikel ini, kita bakal bongkar rahasia rahasia mengatasi lag biar gaming jadi lancar jaya.

1. Kepoin Hardware PC Kamu

Sebelum ngutak-atik yang lain, cek dulu spek PC kamu. Game yang nge-lag biasanya disebabkan oleh hardware yang nggak memadai. Pastikan kartu grafis, RAM, dan prosesor kamu udah memenuhi syarat minimum yang dibutuhkan game. Kalo belum, ya mau nggak mau harus upgrade.

2. Update Driver Kartu Grafis

Driver kartu grafis yang usang bisa bikin game nge-lag. Makanya, jangan lupa update driver secara berkala. Kamu bisa download driver terbaru dari website produsen kartu grafis kamu. Instal drivernya dengan benar, lalu restart komputer.

3. Tutup Aplikasi yang Nggak Dipake

Saat kamu main game, sebisa mungkin tutup aplikasi lain yang nggak kamu pake. Aplikasi ini bisa nyedot RAM dan CPU yang dibutuhkan game. Kalo bisa, matikan juga sistem operasi antivirus kamu sementara waktu biar nggak ganggu kinerja game.

4. Atur Prioritas Game

Di Windows, kamu bisa atur prioritas aplikasi yang sedang berjalan. Caranya, buka Task Manager (Ctrl+Shift+Esc), lalu cari proses game-nya. Klik kanan pada prosesnya, pilih "Set priority," lalu pilih "High." Ini akan membuat sistem mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke game tersebut.

5. Nonaktifkan Fitur Grafis yang Nggak Penting

Dalam pengaturan grafis game, biasanya ada fitur-fitur yang nggak terlalu penting dan bisa dimatikan tanpa mengurangi kualitas grafis secara signifikan. Misalnya, kamu bisa matikan fitur anti-aliasing atau efek blur. Coba atur pengaturan grafis ke level yang lebih rendah dan lihat apakah lag berkurang.

6. Periksa Koneksi Internet (Kalau Main Online)

Kalo kamu main game online, masalah lag bisa disebabkan oleh koneksi internet yang nggak stabil. Pastikan jaringan kamu terhubung dengan baik dan nggak ada gangguan yang berarti. Cobalah juga mengganti server game atau gunakan koneksi kabel LAN untuk mengurangi ping.

7. Gunakan Program Pembersih

Seiring waktu, komputer kamu bisa menumpuk file-file sementara dan sampah yang nggak penting. Ini bisa memperlambat kinerja komputer secara keseluruhan, termasuk saat main game. Cobalah gunakan program pembersih seperti CCleaner atau Wise Disk Cleaner untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.

8. Reinstall Game

Kalo cara-cara di atas nggak berhasil, coba reinstall game-nya. Ini bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan atau file-file yang corrupt yang menyebabkan lag. Pastikan kamu backup save game kamu sebelum reinstall ya.

Tambahan Tips Gaul:

  • Kalo masih nge-lag, coba "reduce" pengaturan grafis kamu jadi "Potato Mode." Walaupun jelek, tapi lagnya bisa langsung ilang.
  • Jangan lupa "maintenance" PC kamu secara berkala. Rutin bersihin debu, ganti thermal paste, dan cek kesehatan harddisk.
  • "Don’t Rush!" Bersabarlah saat main game online. Lag itu wajar terjadi, apalagi di jam-jam sibuk.

Nah, itulah cara-cara mengatasi lag pada game PC. Kalo udah dicoba semua tapi masih nge-lag, mungkin emang PC kamu udah "tua bangka" dan butuh diganti yang baru. Gaskeun upgrade, bro!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *